Update Berita Coin Yang Sedang Trending Di Seluruh Dunia

Update Berita Coin Crypto Yang Sedang Trending Di Seluruh Dunia

Lens Inc – Pada bulan Maret 2020, pandemi Covid-19 menyerang Indonesia dengan sangat buruk sehingga menyebabkan hampir semua sektor terdampak akibat virus ini. Karena virus ini, sektor ekonomi terutama investasi coin berubah sangat drastis, banyak harga saham yang turun dengan drastis pada saat itu. 

Untuk sebagian orang, momentum ini memberikan dampak yang positif. Hal ini karena mereka yang paham tentang investasi akan membeli saham dengan jumlah yang sangat besar. Karena pandemi ini, tren berinvestasi meningkat pesat. Banyak orang yang mulai belajar mengenai investasi saham, emas, reksadana, sampai dengan crypto. 

Berita kripto hari ini masih sangat ramai diperbincangkan karena banyak sekali orang investor yang mendapat untung besar di crypto. Namun banyak sekali yang belum tahu mengenai uang kripto ini, nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu crypto beserta kelebihan dan kekurangan investasi crypto.

Pengertian Coin Crypto

Pada saat pertama kali booming, mungkin Kalian bertanya-tanya tentang apa itu crypto. Crypto atau Cryptocurrency adalah mata uang virtual yang telah dijamin cryptography. Uang kripto juga didefinisikan sebagai mata uang yang dipakai untuk bertransaksi satu orang dengan orang yang lainnya secara online. 

Ada sekali jenis uang coin crypto, bitcoin merupakan hot crypto coin yang sangat populer sekarang ini karena harganya yang sangat mahal. Dulunya harga bitcoin sangatlah murah, namun sekarang harganya sudah mencapai ratusan juta rupiah. 

Mata uang crypto ini mulai populer di Indonesia pada bulan Februari 2020, bukan cuma di Indonesia melainkan juga di luar negeri. Ada total 10 negara yang masyarakatnya mempunyai crypto dengan jumlah paling banyak pada sat itu. Yaitu Nigeria di posisi pertama, diikuti dengan Vietnam, Filipina, Turki, Peru, Swiss, Tiongkok, AS, Jerman, dan Jepang.

Masyarakat Nigeria memanfaatkan Smartphone mereka untuk melakukan transaksi crypto di berbagai toko. Di Negeria sendiri, uang kripto sudah menjadi opsi pembayaran di toko online. Oleh karena itulah banyak penduduk Nigeria yang menggunakan kripto dan sudah akrab dengan mata uang virtual ini.

Secara singkat, uang kripto ini bisa diartikan sebagai uang digital. Bagi Kalian yang ingin bermain crypto, Kalian harus tahu cara main crypto yang baik dan benar supaya tidak rugi. Ada banyak istilah yang harus Kalian ketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Coin Crypto

Hadirnya uang kripto di masyarakat ini tentunya menimbulkan pro dan juga kontra karena banyak orang yang baru mengenal uang virtual cryptocurrency ini. Nah berikut ini kami jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki uang crypto:

1. Kelebihan Uang Coin Crypto

Cryptocurrency sebagai mata uang mempunyai beberapa kelebihan, berikut kelebihan uang kripto dibanding dengan jenis mata uang lain:

  • Transaksi Cepat. Transaksi yang Kalian lakukan dengan crypto bisa dibilang cepat, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Tentunya ini sangat menarik jika dibandingkan dengan transaksi antar bank yang lamanya bisa berhari-hari.
  • Bersifat Universal. Maksudnya adalah uang kripto ini bisa digunakan di seluruh dunia, tidak ada syarat khusus untuk penggunaannya. Beda dengan sistem nasabah perbankan yang memiliki syarat tertentu.
  • Transparansi Jelas. Setiap pemilik uang kripto bisa melihat transaksi yang dilakukan menggunakan uang kripto ini. Semua transaksi crypto tersaji dalam bentuk angka-angka, jadi Kalian tidak bisa melihat siapa yang melakukannya namun bisa melihat nominal transaksi yang dilakukan.
  • Sepenuhnya Terkendali. Kalian memegang kendali penuh atas uang crypto yang Kalian miliki. Jadi tidak ada yang bisa mencampuri urusan Kalian dengan uang crypto yang Kalian punya.

2. Kekurangan Uang Coin Crypto

Selain kelebihan, tentunya uang crypto ini juga mempunyai kekurangan. Nah sebelum Kalian mulai bermain crypto, ada baiknya mengetahui kekurangan uang crypto berikut ini:

  • Rawan Kejahatan. Banyak sekali orang yang menggunakan uang digital ini untuk melakukan berbagai transaksi ilegal. Jadi mereka tidak perlu khawatir transaksi tersebut dilacak karena transaksi di crypto tidak bisa dilacak sehingga kita tidak tahu siapa yang melakukan transaksi tersebut.
  • Uang Bisa Hilang Jika Lupa Password. Kekurangan yang berikutnya ini sangat berbahaya untuk ada yang sering lupa. Nah, jika Kalian lupa dengan password akun Kalian, maka uang kripto yang Kalian miliki di akun tersebut bisa hilang. 
  • Sering Disebut Ilegal. Masih banyak negara yang menganggap uang digital yang satu ini sebagai mata uang illegal dan tidak boleh digunakan sebagai alat pembayaran. Namun meskipun begitu, di Indonesia sendiri masih sering diperdebatkan tentang legalitas mata uang kripto.  

Tips Investasi Uang Crypto

Sebelum Kalian memutuskan untuk melakukan investasi di uang kripto, ada baiknya Kalian mengetahui terlebih dahulu tips-tips investasi crypto berikut ini. Supaya tidak salah pilih mata uang, silahkan simak tips berikut ini.

1. Pahami Risikonya

Hal pertama yang harus Kalian ketahui sebelum mulai investasi crypto adalah risiko dalam investasi crypto. Risiko investasi pada mata uang ini tergolong tinggi atau high risk. Ketika nilai mata uang ini naik, maka naiknya bisa sangat tinggi. Namun saat turun, nilainya juga bisa sangat jatuh. 

2. Pahami Jenis Crypto

Ada banyak jenis uang crypto, setiap mata uang ini memiliki karakteristiknya masing-masing. Contoh mata uang yang paling populer adalah bitcoin, harga bitcoin ini sangatlah tinggi. Selain bitcoin, ada juga Dogecoin, Etherium, Tether, XRP, dan lain-lain. 

3. Perhatikan Legalitas Pedagang Crypto

Sampai sekarang, Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) telah mencatat ada kurang lebih 13 perusahaan yang telah terdaftar sebagai pedagang uang kripto. Nah, Kalian harus memastikan tempat Kalian membeli uang crypto sudah terdaftar di Bappebti. 

4. Pahami Keamanannya

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa uang kripto ini mempunyai risiko yang tinggi dan rawan akan tindak kejahatan. Oleh karena itulah, sebaiknya Kalian mengetahui strategi yang tepat untuk menjaga uang kripto Kalian tetap aman. 

Cara Bermain Uang Coin Crypto

Bermain di sini maksudnya adalah melakukan transaksi uang crypto untuk investasi sesuai dengan aturan yang ada. Sampai sekarang, uang crypto ini dilarang sebagai alat pembayaran. Namun mata uang ini bisa dijadikan instrumen investasi yang diperdagangkan. Nah berikut ini cara main crypto untuk investasi:

  1. Buka rekening di Pedagang Komoditi Aset Crypto.
  2. Setelah melewati beberapa prosedur KYC, calon pelanggan akan disetujui sebagai investor dan akan mendapatkan akun untuk bertransaksi.
  3. Pelanggan bisa melakukan transaksi uang crypto di Pedagang Komoditi Aset Kripto atau exchanger. Ada banyak exchanger yang bisa Kalian gunakan seperti Indodax, Toko Crypto, Luno, Upbit, dan masih banyak lagi.
  4. Selanjutnya, gunakan wallet kripto untuk menyimpan kunci enkripsi. Ini digunakan untuk mengonfirmasi identitas pengguna dan untuk menautkannya ke crypto.
  5. Pilih mata uang crypto untuk investasi.
  6. Gunakan strategi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan.
  7. Lakukan pembayaran menggunakan metode yang Kalian inginkan. 
  8. Semua data transaksi dari Bappebti, Pengelolaan Tempat Penyimpanan kepada Bursa Berjangka dan Lembaga Kliring Berjangka akan dilaporkan sebagai referensi harga serta pengawasan pasar.