Makin Banyak Yang Sukses Investasi Saham Di Usia Muda

Makin Banyak Yang Sukses Investasi Saham Di Usia Muda

Lens Inc – Sekarang ini kondisi dari perekonomian negara kita sedang tidak menentu karena dampak dari pandemi. Kegiatan dari investasi saham sekarang juga menjadi semakin marak digemari oleh orang-orang karena memang dianggap bisa memberikan keuntungan dengan jumlah yang besar.

Memang benar melakukan investasi bisa menjanjikan keuntungan dalam jumlah yang besar. Namun tentu saja tidak semua investasi yang anda lakukan bisa menghasilkan keuntungan. Walaupun begitu, banyak juga masyarakat kita yang beranggapan jika investasi adalah jalan pintas untuk menuju kaya dalam urusan finansial.

Padahal tidak semuanya investasi bisa menguntungkan, ada juga yang harus berakhir dengan mengalami kerugian karena tidak paham lebih dalam tentang investasi yang dilakukan. Kebanyakan dari mereka hanya membaca kisah-kisah sukses orang yang berhasil melakukan investasi, bukan yang gagal.

Investasi Saham Itu Apa?

Sebenarnya, secara dasar investasi merupakan kegiatan untuk menanamkan modal dengan upaya untuk mendapatkan penghasilan berupa keuntungan di masa yang akan datang. Investasi sendiri tidak hanya berupa investasi saham saja, melainkan bisa investasi emas, reksadana dan sebagainya.

Lalu investasi saham itu apa? Investasi saham merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan modal, dimana dana yang digunakan tersebut akan dialokasikan kepada instrumen saham.

Dengan mempunyai sebagian dari saham perusahaan, tentu saja investor saham juga mempunyai klaim terhadap pendapatan yang didapatkan oleh suatu perusahaan tersebut. Bahkan jika anda memiliki saham dengan persentase yang besar dari suatu perusahaan, anda juga berhak untuk hadir pada acara RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham dari perusahaan.

Banyak dari masyarakat kita yang lebih suka melakukan investasi saham dibandingkan model investasi lainnya. Hal ini karena saham mempunyai return yang paling tinggi. Oleh sebab itu inilah yang menjadi pemicu maraknya investasi sekarang ini.

Tapi tentu saja anda juga harus tahu jika investasi jenis ini memiliki beberapa resiko mengalami kerugian tinggi. Sesuai dengan karakteristik dari investasi “High Return, High Risk” yang artinya semakin tinggi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar, semakin tinggi juga resiko yang harus dihadapi.

Cara Dan Strategi Investasi Saham Untuk Pemula

Sekarang ini semua hal bisa dilakukan dengan mudah, termasuk juga proses investasi. Berbeda dengan jaman dulu, dimana untuk bisa melakukan investasi menggunakan kertas cetakan.

Namun sekarang ini proses investasi bisa dilakukan dengan mudah, hanya dengan bermodalkan smartphone saja anda sudah bisa melakukan investasi saham online dengan mudah, cepat dan aman.

Nah untuk anda yang sedang mencari bagaimana cara dan juga strategi melakukan investasi saham dengan aman, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan langkah-langkah serta tips investasi saham untuk pemula.

1. Pilih Platform Dengan Fee Transaksi Kecil

Platform investasi adalah media yang anda gunakan untuk melakukan investasi secara online. Sekarang ini ada banyak sekali pilihan dari berbagai macam platform investasi online yang dapat anda pilih. Namun tentu saja anda harus bisa memilih mana yang benar-benar terbaik.

Cara main saham pemula yang harus anda perhatikan adalah dengan memilih platform investasi dengan fee transaksi yang kecil. Paling tidak anda harus memilih 1 perusahaan sekuritas yang paling aman dan menawarkan biaya transaksi terjangkau.

Sebab, dalam investasi anda harus memiliki rekening khusus yang disebut dengan rekening efek. Nah untuk bisa membuat rekening efek ini anda harus mendaftar di beberapa perusahaan-perusahaan sekuritas. Setelah anda memiliki 1 rekening efek, nantinya anda dapat melakukan top up dan investasi saham.

2. Buatlah Rencana Dan Tujuan Investasi Dengan Spesifik

Strategi investasi saham berikutnya adalah dengan membuat rencana serta tujuan melakukan investasi dengan spesifik. Sebab setiap hal tentu saja akan lebih baik jika dilakukan dengan tujuan dibaliknya.

Kebanyakan, beberapa tujuan investasi saham yang paling umum adalah seperti untuk mempersiapkan dana masa depan, dana pensiun, membeli berbagai macam kebutuhan seperti rumah, kendaraan atau properti.

Nah sebaiknya anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan dan juga rencana melakukan investasi dengan spesifik. Sebab dengan memiliki rencana dan juga tujuan investasi, anda jadi memiliki semangat untuk memulai berinvestasi.

Lain halnya jika anda tidak memiliki goals atau tujuan dari investasi saham. Tentunya anda akan bermalas-malasan dalam menabung atau investasi. Oleh sebab itu, silahkan tentukan dulu rencana dan juga tujuan investasi saham dengan spesifik.

3. Manajemen Keuangan Itu Penting

Cara main saham untuk pemula yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah dengan selalu ingat manajemen keuangan. Sebagai pemula, hindari bermain saham dengan modal yang besar. Mulailah dengan modal yang kecil untuk memahami bagaimana sih alur kerja dari investasi saham dan bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari investasi yang anda lakukan tersebut.

Baru nanti saat anda sudah mengerti tentang kinerja dan juga alur investasi yang anda lakukan, anda bisa melakukan investasi saham dalam jumlah yang lebih besar. Namun selalu ingat, manajemen keuangan itu penting dan diatas segalanya.

Anda memang bisa dengan bebas menginvestasikan seluruh aset atau uang yang anda miliki. Namun lebih baik jika bermain saham untuk pemula dengan menggunakan uang dingin, bukan uang panas.

4. Pilih Saham Dengan Indeks LQ45

BEI atau Bursa Efek Indonesia setidaknya sudah mengeluarkan indeks saham yang bisa menjadi ukuran atau acuan dari statistik perubahan pergerakan harga saham. Setidaknya ada 35 indeks saham yang dikeluarkan oleh BEI, mungkin anda akan bingung memilih saham yang mana yang kira-kira terbaik kan?

Nah agar lebih aman, para pemula dianjurkan memilih saham yang memiliki indeks likuiditas tinggi. Anda bisa memilih saham yang berada pada indeks LQ45 atau paling tidak IDX30. Ini adalah indeks yang sangat cocok untuk para pemula dan para investor yang suka bermain aman.

5. Membeli Saham Perbankan Lebih Dianjurkan

Untuk anda yang ingin bermain saham dengan lebih aman, sangat dianjurkan untuk membeli saham perbankan atau consumer goods. Dimana perusahaan jenis perbankan atau consumer goods sendiri adalah pilihan yang tepat untuk pemula.

Hal ini karena kedua perusahaan ini selalu memiliki produk-produk yang setiap hari digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan keuntungan dengan signifikan dari membeli atau memilih investasi saham di perbankan maupun consumer goods.

6. Menerapkan Strategi Stop Loss

Cara main investasi saham untuk pemula yang terakhir adalah anda harus selalu disiplin dalam menerapkan strategi stop loss. Dalam melakukan investasi, anda tidak boleh panik ketika harga saham yang anda miliki sedang turun. Anda harus tetap tenang dan dapat mengatur emosi.

Hal ini karena naik dan turunya harga saham adalah hal yang sangat biasa dan bisa terjadi dengan cepat. Yang terpenting adalah anda sudah memilih jenis perusahaan yang sudah saya anjurkan sebelumnya diatas.

Namun ketika anda melihat portofolio merah karena faktor keuangan perusahaan, jangan pernah ragu untuk melakukan stop loss dengan nilai batasan harga terendah untuk membatasi kerugian yang akan anda dapatkan dari investasi saham tersebut.