5 Trading Saham yang Aman dan Menguntungkan

5 Contoh Trading Saham yang Aman dan Berkembang Selama Pandemic

Lens Inc – Masa pandemic merupakan masa yang sulit untuk dihadapi terutama dalam memenuhi kebutuhan finansial sehari-hari, sektor ekonomi terkena dampak yang parah selama pandemic. Meski begitu kamu tidak perlu cemas, kamu bisa mengatasi finansial dengan melakukan trading saham. 

Trading merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak digunakan. Trading sendiri memiliki tujuan yang sama dengan instrument lainnya, yakni menjual aset dengan harga yang lebih rendah dari yang harus dibayarkannya. Keuntungan trading dapat diperoleh dengan memperhatikan harga dari waktu ke waktu.

Informasi seputar Trading Saham

Trading saham ialah kegiatan jual beli surat bukti kepemilikan atas perseroan terbatas ataupun perusahaan dengan jangka waktu yang pendek.

Cara kerja trading yaitu membeli saham dengan harga tertentu yang kemudian dijualnya dengan jangka waktu pendek, sehingga mencapai nilai investasi dengan range yang diinginkan oleh si tradernya. 

Tak sedikit di masa ini orang memilih untuk melakukan trading, sebab trading saham jadi jalan keluar di masa pandemic yang tepat dalam memenuhi kebutuhan finansial. Lalu, bagaimana dengan hukum trading saham menurut hukum agama? 

MUI atau Majelis Ulama Indonesia menjelaskan bahwa trading saham hukumnya diperbolehkan saja. Dimana saham yang diperbolehkan ialah perusahaan perdagangan atau manufaktur dengan ketentuan bukan rekayasa dan benar adanya. 

Saham boleh saja dijual-belikan dan dijaminkan, asal telah memenuhi kesesuaian dan ketentuan dengan aturan yang berlaku. 

Langkah-langkah Trading untuk Pemula

Apabila kamu tertarik dengan dunia trading, ada beberapa cara Trading Saham untuk pemula yang bisa kamu lakukan agar tidak melakukan tindakan yang salah. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk memulai trading.

1. Membuka Rekening

Cara pertama dalam memulai trading tentunya kamu harus membuka rekening terlebih dahulu, sebelum memulai trading.

Rekening di sini bukan asal rekening ataupun tabungan pada umumnya, melainkan rekening efek. Dalam membuat rekening ini, kamu perlu menghubungi perusahaan sekuritas dan menyiapkan persyaratan dokumennya, seperti fotokopi, NPWP, buku tabungan hingga rekening. 

2. Menyetor Dana

Setelah kamu berhasil membuka rekening, kamu diwajibkan untuk menyetor dana. Biaya setoran dana disesuaikan dengan kebijakan perusahaannya, tentu setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. 

Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan setoran dana yang sesuai. Dengan melakukan setoran dana, Kamu bisa melakukan proses transaksi atau jual beli saham.

3. Memulai Berinvestasi

Setelah berhasil melakukan setoran dana, kamu bisa memulai untuk berinvestasi. Transaksi dalam berinvestasi sangat mudah untuk dilakukan, terlebih kamu melakukan trading ini dengan secara online

Kamu tidak perlu mendatangi perusahaan kantor Bursa Efek Indonesia, sebab ada banyak pilihan cara bertransaksi secara online

Bisa kamu lihat banyaknya perusahaan yang menyediakan layanan trading online, maka dari itu kamu bisa menyesuaikan pilihan layanan yang tepat. 

Ada beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan trading online di antaranya: Mandiri Sekuritas,   Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Mandiri Sekuritas, Indo Premier, USBS Sekuritas, hingga CGSCIMB Sekuritas. Kamu bisa mengenalnya lebih jelas dengan menyimak uraian berikut ini.  

5 Trading Saham yang Aman dan Menguntungkan

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai broker trading saham terbaik yang sudah disebutkan tadi. 

1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Broker trading terbaik Indonesia pertama yakni Mirae Asset Sekuritas Indonesia—YP, perusahaan satu ini memiliki MKBD-Modal Kerja Bersih Disesuaikan dengan senilai harga 1,8 triliun. 

Mirae Asset Sekuritas Indonesia bisa kamu jadikan sebagai pilihan terbaik untuk melakukan trading, terlebih perusahaan ini sudah terjamin aman karena terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan salah satu broker saham terbesar yang ada di Indonesia, bahkan sudah memiliki kantor cabang dengan jumlah yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. 

Banyak Trader yang menggunakan aplikasi dari Mirae Asset Sekuritas Indonesia untuk mendapatkan keuntungannya, yakni Neo Hots Mobile.  

2. Mandiri Sekuritas

Perusahaan broker trading terbaik yang dapat kamu gunakan selanjutnya ialah perusahaan Mandiri Sekuritas. Perusahaan mandiri sekuritas berada di peringkat kedua setelah Mirae Asset Sekuritas Indonesia pada periode Januari hingga Agustus 2021.

Bahkan, perusahaan investasi ini telah berdiri selama 21 tahun dengan memberikan layanan transaksi jual beli saham dan obligasi ritel ataupun korporasi. 

Kamu bisa membuka rekening mandiri sekuritas dengan memakan waktu 4 hingga 7 hari. Modal awal transaksi deposit untuk mulai trading di Mandiri Sekuritas dimulai dengan nominal Rp. 10 juta rupiah dan biaya dari jual transaksi yakni 0,28% atau minimalnya setara dengan 5 ribu per hari.    

Kamu bisa melakukan trading saham secara online di Mandiri Sekuritas menggunakan aplikasi MOST Mandiri Sekuritas.  

3. Indo Premier

Indo Premier merupakan perusahaan sekuritas swasta terbesar di Indonesia salah satu perusahaan trading yang banyak digunakan oleh para investor. 

Untuk melakukan trading secara online di Indo Premier, kamu bisa mengakses aplikasi IPOT—Indo Premier Online Technology yang menjadi ekosistem online trading. 

Indo Premier menyajikan keamanan dan kemudahan bagi para investor yang melakukan trading. Kamu bisa memulai trading dengan biaya buka rekening efek sebesar RP. 1000 ribu.   

Dalam memulai trading saham di Indo Premier, kamu akan terkena biaya transaksi jual beli sekitar 0,19% hingga 0,29%.  

4. USBS Sekuritas Indonesia AK 

USBS Sekuritas Indonesia ialah perusahaan investasi asing yang telah berdiri hingga 39 tahun lamanya. USBS Sekuritas Indonesia memberikan layanan yang meliputi jual beli saham, obligasi ritel dan korporasi serta layanan Corporate finance. 

MKBD yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas ini hingga tahun 2021 yakni sebesar 541,95 Miliar. Bahkan, nilai transaksi yang dimiliki oleh USBS Sekuritas Indonesia per bulannya bisa mencapai 20 hingga 30 triliun. 

Kamu dapat memilih perusahaan satu ini untuk melakukan investasi mata uang asing dengan lebih aman dan nyaman.

5. CGSCIMB Sekuritas

Yang terakhir broker terbaik untuk bisa memulai trading online yakni dengan CGSCIMB. Kamu bisa memulai trading secara online dengan menggunakan aplikasi CGS-CIMB iTrade.

CGS-CIMB iTrade merupakan perusahaan sekuritas yang bergerak pada jasa transaksi saham. Seperti perusahaan sekuritas pada umumnya, layanan yang diberikan oleh CGS-CIMB iTrade meliputi layanan jual beli saham sebagai tempat investor melakukan trading, serta layanan obligasi baik secara ritel maupun korporasi.

Kamu bisa memulai setoran awal buka rekening tanpa memikirkan biaya, sebab CGSCIMB tidak membatasi nominal setoran awal, setelah kamu berhasil membuka rekening. 

Untuk nilai minimum depositnya bisa dimulai dari 1 juta rupiah dengan biaya transaksi beli 0,18% dari nilai beli dan biaya transaksi jual 0,28% dari nilai jual.Nah itulah ulasan mengenai pembahasan saham dan contoh trading yang dapat kamu lakukan. Dalam melakukan investasi jenis trading, kamu harus memerhatikan beberapa hal terutama dalam memilih perusahaan sekuritas yang sesuai dengan kemampuanmu sendiri dan psikologi trading saham.