Berita Crypto Hari ini: Top Crypto Berubah Ada Pendatang Baru!

Berita Crypto Hari ini: Top Crypto Berubah Ada Pendatang Baru!

Lens IncCrypto atau Cryptocurrency adalah mata uang digital yang banyak digunakan sebagai wadah para investor dalam memperoleh keuntungan besar. Dengan perkembangan Crypto yang semakin pesat, membuat banyak jenis Cryptocurrency yang bersaing di pasar kripto jadi lebih seru. 

Tercatat ribuan jenis mata uang digital Cryptocurrency yang telah diperdagangkan sebagai aset digital. Dari ribuan jenis mata uang digital terdapat top kapitalisasi pasar, dimana peringkat pertama ditempati oleh mata uang Ethereum.

Selain itu, masih ada 9 jenis lainnya yang ikut bersaing dengan Ethereum termasuk pendatang baru dan telah menempati top 10 urutan kapitalisasi terbesar.

Top 10 Besar Kapitalisasi Pasar Cryptocurrency

Di bawah ini merupakan top 10 besar kapitalisasi pasar kripto dengan terdapat adanya perubahan di 5 top Crypto yang disebabkan oleh pendatang baru. 

1. Ethereum (ETH) 

Top kapitalisasi pasar kripto yang pertama jatuh pada Ethereum (ETH) dengan telah menyentuh nilai kapitalis pasar sebesar US$554,81 miliar setara dengan Rp7,86 triliun.

ETH telah mendominasi keseluruhan pasar hingga mencapai 19,4 % sehingga membuat ETH menjadi koin terbesar dari Bitcoin dengan mencapai peringkat ke 2. 

2. Binance Coin (BNB) 

Top kapitalisasi yang kedua yakni Binance Coin. Awalnya koin ini berada pada blokchain Ethereum, namun setelah membentuk jaringan blokchain tersendiri, kini koin BNB menempati urutan ketiga di bawah ETH. Tak hanya itu, diikuti juga dengan besaran kapitalisasi pasar BNB yang mencapai US$109,08 miliar. 

Binance Coin atau BNB merupakan salah satu market pasar terbesar di dunia, lho. Banyak dari para investor yang memilih BNB untuk menjadi market pilihan yang tepat dalam memeroleh keuntungan. 

3. Tether (USDT) 

Top kapitalisasi ketiga ditempati oleh Tether (USDT) yang merupakan stablecoin dengan mencerminkan harga dolar AS yang dikeluarkan oleh perusahaan asal Hong Kong di tahun 2014. Kapitalisasi yang dimilik oleh USDT yakni sebesar US$73,88 miliar. 

4. Solana (SOL) 

Solana (SOL) adalah decentralized finance (DeFi) sekaligus dikenal sebagai pesaing Ethereum yang utama. Sebab, SOL memiliki kecepatan yang sama dengan kecepatan saat masih menjadi platform Layer 1. SOL memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$73,29 miliar hingga saat ini. 

5. Cardano (ADA)

Cardano atau singkatnya ADA ialah proyek blockchain terbesar di dunia, tak hanya itu proyek blockchain ini disebut-sebut dengan ‘Green Blockchain’. Hal ini dikarenakan energi yang digunakan sangat minim, untuk saat ini ADA memiliki kapitalisasi pasar dengan nilai mencapai US$68,58 miliar. 

6. XRP (XRP) 

Posisi top keenam ditempati oleh XRP, bagian Mata uang digital yang berjalan di platform RippleNet – platform pembayaran digital. RippleNet ini telah bekerja pada database buku besar yang terdistribusi. Saat ini, XRP memiliki kapitalisasi pasar dengan nilai US$57,14 miliar. 

7. Polkadot (DOT) 

Polkadot (DOT) ialah salah satu protokol multichain sharding open-source. DOT sendiri telah membantu banyak dalam proses transaksi di beberapa rantai secara paralel. Tercatat hingga saat ini, kapitalisasi pasar yang dimiliki DOT sebesar US$46,05 miliar.

8. Dogecoin (DOGE) 

Pernah mendengar nama kripto yang memiliki gambar anjing? Dogecoin kini mulai meledak, hal ini karena dijadikan sebagai mata uang kripto favorit oleh Tesla Inc. Elon Musk. Tercatat hingga kini kapitalisasi DOGE sudah mencapai nilai US$34,73 miliar.

9. USD Coin (USDC) 

USD Coin ialah stablecoin yang dipatok pada dolar AS serta setiap mata uang kripto yang beredar didukung dengan $1 yang disimpan menjadi cadangan. 

Posisi kedua dari bawah kini di tempati oleh USD Coin dengan memilki kapitalisasi pasar senilai US$34,68 miliar.

10. Shiba Inu 

Top ke 10 kapitalisasi pasar kripto yakni ditempati oleh Shiba Inu. Sama halnya dengan DOGE, Shiba Inu memiliki popularitas token yang meningkat. 

Hal ini dikarenakan oleh ulah cuitan Elon Musk yang mengunggah foto anak anjingnya, Floki Frunkpuppy. Tercatat kapitalisasi Shiba Inu oleh pantauan Bisnis, kini telah mencapai US$18,87 miliar.

Dari uraian penjelasan di atas, dapat kita simpulkan siapa pendatang baru pada pasar kripto yang menggeser peringkat jenis Crypto lainnya. Ya, siapa lagi jika bukan Solana yang menggeser posisi Cardano yang mulanya berada di posisi ke-4 kini menjadi ke-6. 

Twitter Membuat Tim Crypto

Dengar-dengar, Twitter bentuk tim khusus Crypto? Benarkah kabar tersebut? Menurut lansiran laman Financial Times, sebuah platform media sosial yang bernama Twitter telah merilis tim divisi yang dikhususkan untuk Crypto yang dipimpin oleh Tim Twitter Crypto, yakni Tess Rinearson. 

Tess Rinearson menyampaikan tujuan dari dibentuknya tim divisi Cryptocurrency kepada Financial Times, yakni untuk mengatur strategi Crypto di Twitter untuk masa depan.

Selaku CEO Twitter, Jack Dorsey yang merupakan penggemar dari Bitcoin sudah dari lama ingin melakukan integrasi aset digital pada perencanaan jangka panjang di Twitter. 

Tepatnya di bulan September kemarin, Twitter telah mengenalkan alat baru yang berfungsi dalam membantu pengguna untuk mengirim tip berupa Bitcoin kepada orang lain sebagai bentuk apresiasi konten mereka. Selain itu, Dorsey kini tengah membuat fitur untuk melakukan proses verifikasi token NFT.

Rinearson yang notabene sebagai Crypto Engineering Lead dan selaku CTO Twitter diberikan tugas dalam mengawasi dan membangun upaya untuk memperluas pelaksanaan eksplorasi terhadap desentralisasi media sosial. 

Prospek Harga Ethereum

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Top kapitalisasi Crypto yang pertama jatuh pada Ethereum. Lantas, bagaimana prospek harga Ethereum yang membuatnya menjadi peringkat pertama? 

Berdasarkan pada data Coin Market Cap, harga Ethereum dengan per harinya mampu bergerak pada rentang Rp66,478 juta. Tidak hanya sampai disana, secara psikologis harga Ethereum diprediksikan dapat mengalami peningkatan.

Menurut pendapat Rieka Handayani selaku Head of PR Toko Crypto, menjelaskan bahwa sentimen utama yang menjadi penyebab kenaikan Ethereum dikarenakan permintaan pasar yang cukup kuat, terlebih pada asset Crypto yang berbasis ERC-20 serta mempunyai proyek DeFi maupun NFT .

Dikutip dari Kontan, Co-Founder CryptoWatch serta Pengelola Channel Duit Pintar, Christopher Tahir mengungkapkan kenaikan Ethereum disebabkan oleh pasar kripto yang mengalami bullish dengan seiring kenaikan harga Bitcoin. Kenaikan Bitcoin ini dapat mendorong kenaikan pada kripto lainnya.

Kripto Dicuri Lewat Google Ads? 

Dilansir pada laman Kompas.com, firma pengamanan Check Point Research (CPR) menyebutkan adanya tindakan kriminal siber yang menggunakan Google Ads sebagai jebakan scam dalam mencuri kripto.

Yang menjadi sasaran dalam pencurian ini ialah para pemakai layanan e-wallet kripto yang populer, seperti Phantom dan MetaMask yang dipakai pada ekosistem Solana dan Ethereum. 

Hal ini terjadi ketika pengguna yang sedang mencari layanan wallet kripto di Google, di mana link iklan yang berupa jebakan tampil pada urutan teratas.

Lalu, korban akan diarahkan pada laman phising oleh Iklan jebakan. Dengan mengikuti berbagai arahan dari website penipuan tersebut, dapat menyebabkan penipuan dan pencurian uang kripto yang akan sangat merugikan kamu sendiri. 

Maka dari itu, bagi kamu yang melakukan akses internet haruslah berhati-hati dan bijak, agar kamu tidak tertimpa musibah yang sangat merugikan ini.Nah itulah penjelasan terkait pasar kripto dan top kapitalisasi terbesar Crypto. Dari top kapitalisasi tersebut, mata uang digital mana yang menjadi favoritmu?