Yuk Simak! Cara Investasi Emas Yang Cocok Buat Milineal

Yuk Simak! Cara Investasi Emas Yang Cocok Buat Milineal

Lens Inc – Ada banyak instrumen investasi yang dapat memberikan anda banyak keuntungan, dan salah satunya adalah investasi emas. Salah satu keuntungan yang akan kita dapatkan adalah menjaga dan mengembangkan kekayaan dengan pasti tanpa khawatir dengan inflasi.

Logam mulia berupa emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat mudah dan praktis dilakukan, bahkan oleh orang awam sekalipun. Karena logam mulia ini tidak hanya dijadikan sebagai asset untuk berinvestasi namun juga biasa dijadikan perhiasan.

Instrumen investasi ini sangat cocok dijadikan sebagai investasi jangka menengah ataupun jangka panjang, sehingga sangat cocok bagi anda yang mempunyai tujuan seperti menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi, membeli rumah, maupun dana pensiun.

Dengan modal yang terbatas, anda akan mendapatkan keuntungan menjanjikan dengan minimal jangka waktu lima tahun. Selain itu instrumen investasi ini memiliki risiko yang rendah, mudah dicairkan, dan harganya yang cenderung naik setiap tahunnya. Jika anda tertarik melakukan investasi emas ada baiknya menyimak penjelasan berikut ini.

Mengenal Investasi Logam Mulia Emas

Apa itu investasi emas? Merupakan salah satu kegiatan membeli atau menjual logam mulia berupa emas dengan tujuan berinvestasi. Logam mulia emas yang dapat kita jual belikan dengan tujuan investasi bisa berupa bentuk fisik seperti emas batangan, perhiasan, dan koin emas.

Tak hanya logam mulia emas yang berbentuk fisik, anda juga dapat menginvestasikan modal anda pada emas digital, yang bisa anda dapatkan secara konvensional dengan mendatangi institusi resmi penjual emas, bahkan secara online sekalipun.

PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) merupakan dua perusahaan yang paling banyak menyuplai logam mulia untuk investasi yang beredar di pasaran. Secara keseluruhan dari kedua produk tersebut tidak memiliki perbedaan yang jauh dari segi harga dan segi kadar kandungan emas yang mencapai 99.99%.

Namun yang menjadi pembeda yakni sertifikasi internasional yang sudah dikantongi emas Antam dan diakui London Bullion Market Association, berbeda dengan emas UBS bersertifikat nasional dari PT UBS, meskipun demikian harga keduanya tidak berbeda jauh.

Cara Investasi Emas Agar Aman dan Untung

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai investasi emas, namun hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah memastikan terlebih dahulu instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko anda.

1. Tujuan Investasi

Bagi investor pemula yang ingin berinvestasi baik itu di berbagai instrumen investasi seperti emas, reksadana, obligasi, pasar uang, hingga saham harus menentukan tujuan dalam berinvestasi.

Misalkan untuk melakukan investasi emas jangka panjang (5 tahun ke atas) dengan tujuan untuk biaya pendidikan, pernikahan, membeli rumah, dana pensiun, dan lain sebagainya.

Jika sudah memiliki tujuan maka anda dapat secara rutin membeli emas setiap bulannya hingga mencapai tenggat waktu dan mencapai tujuan investasi.

2. Pantau Harga Emas

Kenaikan dan penurunan harga emas jarang terjadi secara mendadak dan biasanya konsisten naik dalam taraf wajar. Saat harga emas sedang turun maka anda dapat memanfaatkan momen ini untuk membeli lebih banyak emas.

Namun anda juga harus melihat sebaliknya, jika harga emas sedang naik jangan gegabah dengan buru-buru menjual emas padahal masih jauh dari tenggat waktu dan tujuan awal investasi. Dengan kemajuan teknologi, anda dapat dengan mudah untuk memantau harga emas di pasaran, dengan mengunjungi laman resmi dari Antam atau Pegadaian.

3. Jangan Membeli Emas Sembarangan

Jika tidak mau rugi dalam investasi emas maka jangan membeli emas secara sembarangan. Dengan mudahnya berinvestasi emas, kamu dapat dengan mudah menemukan emas baik berbentuk perhiasan, emas batangan, atau logam mulia di toko emas yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan dan pasar tradisional.

Namun anda harus jeli dan teliti dalam membeli emas di toko terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan serta terjamin takaran dan legalitasnya. Jika membeli emas digital pastikan terlebih dahulu institusi tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (otoritas jasa keuangan). 

4. Konsisten

Seperti poin nomor dua kita tidak boleh gegabah dengan kenaikan harga emas, padahal tujuan dari investasi anda belum tercapai dan masih jauh dari tenggat waktu yang anda tentukan. Maka diperlukan konsistensi yang kuat agar membuahkan hasil di masa depan.

Baca Juga : Harus Tau! Sebelum Kamu Deposito Uang

Rekomendasi Investasi Emas Untuk Millenial

Selain datang ke toko emas resmi maupun pegadaian, kini berinvestasi emas semakin mudah untuk dilakukan secara online dengan membeli emas digital. Anda dapat membeli emas secara online diberbagai platform tanpa harus menyimpan emas secara fisik sekalipun.

Berikut ini beberapa aplikasi ataupun website terpercaya untuk investasi emas.

1. Pegadaian Digital

Selain mendatangi gerai pegadaian secara langsung atau offline, anda juga dapat menginstal aplikasi Pegadaian Digital untuk memulai investasi logam mulia emas.

Pegadaian Digital sendiri merupakan pelopor berinvestasi logam mulia emas Antam secara online dengan mempromosikan layanan investasi logam mulianya dengan jargon “Menabung Emas” dengan minimal saldo sebesar Rp. 50.000.

2. E-Mas

Aplikasi E-Mas telah terdaftar di Kominfo dan Asosiasi Fintech Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014 sehingga anda tidak perlu khawatir dengan aplikasi investasi logam mulia emas terbaik dan terpercaya ini.

Uniknya hanya dengan bermodal Rp 100 saja anda sudah bisa menabung emas pada aplikasi ini, selain itu anda juga dapat melakukan transaksi jual beli emas serta mengecek harga emas.

3. Indogold

Dengan modal 10 ribu saja anda sudah bisa menabung emas di aplikasi Indogold yang telah beroperasi sejak tahun 1978 ini.

Pencairan dana di Indogold juga dapat dicairkan dalam bentuk tunai (buy back) maupun dalam bentuk logam mulia emas batangan yang diproduksi oleh Antam maupun UBS. Pembayaran juga bisa dilakukan di berbagai platform e-wallet Indonesia seperti OVO, Gopay, Dana, Link Aja, hingga KlikBCA.

4. Laku Emas

Aplikasi ini telah terdaftar di Asosiasi Fintech Indonesia, Kominfo, hingga BAPPEBTI. Laku emas sendiri menawarkan ke penggunanya yakni cara jual belie mas secara online mulai dari 50 ribuan. Bukan Cuma itu, fitur terbaik juga tersedia, berikut contohnya:

  • Laku emas, yaitu fitur jual, beli, simpan, dan cetak emas.
  • Laku Titipan, yaitu fitur menitipkan tabungan logam mulia emas.
  • Laku Tukar, yaitu fitur menukar tabungan emas dengan perhiasan emas.

5. Tamasia

Tamasia adalah aplikasi terpercaya untuk melakukan invetasi emas secara online atau digital. Dengan modal 10 ribu saja, anda dapat jual belie mas di aplikasi ini. Aplikasi ini telah terdaftar di BAPPEBTI dan Kominfo.

Sama seperti aplikasi investasi emas lainnya, Tamasia juga sudah bekerja sama dengan berbagai wallet digital seperti OVO, Gopay, Link Aja, Dana hingga KlikBCA.

Dengan adanya kemajuan teknologi dengan hadirnya berbagai aplikasi untuk melakukan investasi pada logam mulia emas di atas, diharapkan mampu untuk membuat sadar masyarakat untuk investasi emas di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.