Melek Finansial

Cara Cerdas Agar Kita Menjadi Melek Finansial

Lens inc – Menjadi seseorang yang melek finansial dapat sangat membantu kamu dalam setiap aspek keuangan pribadi. Dengan lebih mengetahui terkait apa yang harus dilakukan dalam mengatur finansial membuat kamu dapat mempersiapkan masa depan secara matang.

Mempelajari cara-cara dalam mengatur finansial sangat penting untuk diketahui oleh semua kalangan. Bukan hanya orang tua tapi juga anak muda. Sebelum mengetahui lebih jauh terkait cara untuk mengatur finansial, kamu perlu tahu pengertiannya terlebih dahulu.

Cari Tahu Pengertian Melek Finansial

Melek finansial biasa dikenal juga dengan sebutan literasi keuangan merupakan pengetahuan, keyakinan, dan keterampilan yang mempengaruhi sikap serta perilaku dari seseorang dalam meningkatkan pengambilan keputusan juga pengelolaan keuangan. Hal tersebut dilakukan guna mencapai kesejahteraan dalam hidup.

Definisi dari melek finansial tersebut selaras dengan pengertian dari literasi keuangan menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK telah merilis definisi tersebut dalam peraturan OJK Nomor 76/POJK.07/2016.

Beberapa Manfaat Melek Finansial Yang Bisa Didapatkan

Melek finansial merupakan sesuatu yang wajib diketahui dan dipraktekkan oleh setiap orang karena akan sangat membantu dalam memahami diri sendiri dan menentukan keputusan paling tepat dan bijak. Berikut beberapa hal yang bisa kamu dapatkan dengan memahami literasi keuangan.

1. Memiliki Kebiasaan Menabung Yang Baik

Dengan melek finansial kamu mampu untuk mengatur pendapatmu dengan tepat. Salah satunya yaitu dengan menabung. Membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi untuk masa depan.

2. Mampu Melakukan Perencanaan Keuangan Dengan Jelas

Salah satu tanda dari melek finansial adalah adanya perencanaan keuangan yang teratur dan jelas. Salah satu bentuk dari perencanaan keuangan yang bisa dilakukan adalah dengan mengalokasikan sebagian dari gaji untuk berinvestasi.

3. Jaminan Hari Tua

Manfaat dari melek finansial yang terakhir adalah dapat terjaminnya kehidupan di hari tua. Bekal untuk hari tua perlu dipersiapkan sedari dini, mengingat banyak anggaran yang harus dikeluarkan nantinya. Dengan melakukan perencanaan finansial, hal-hal tersebut dapat dipersiapkan dari sekarang untuk nanti.

Cara Cerdas Supaya Jadi Lebih Melek Finansial

Setelah mengetahui manfaat yang akan didapatkan dari literasi keuangan, menjadikan kamu lebih sadar akan perencanaan finansial. Berikut ini merupakan tips menjadi lebih melek finansial yang bisa kamu lakukan sedari dini.

1. Lakukan Manajemen Keuangan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk lebih memahami terkait pengelolaan finansial adalah dengan melakukan manajemen finansial atau keuangan. Kamu perlu memanajemen pengeluaran dan pemasukan dari gaji yang kamu terima supaya lebih teratur dan terencana.

Salah satu cara untuk melakukan manajemen finansial yakni, kamu dapat menuliskan target yang ingin kamu capai dalam bidang keuangan. Dengan menuliskan target tersebut dapat menjadikan kamu lebih teratur dan konsisten dalam pengelolaan keuangan.

2. Perkaya Pengetahuan Mengenai Keuangan Dari Berbagai Sumber

Untuk menjadi melek finansial kamu perlu untuk belajar dari berbagai sumber. Kamu bisa mempelajari hal tersebut lewat pemanfaatan social media dengan cara mengikuti kelas online atau mengikuti webinar. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari terkait seluk beluk finansial lewat buku.

3. Lakukan Evaluasi Pemasukan Dan Pengeluaran Keuangan

Salah satu waktu yang paling tepat untuk melakukan evaluasi terhadap keuangan pribadi kamu adalah pada saat akhir tahun. Hal tersebut dapat memudahkan kamu dalam memeriksa apakah target yang kamu rencanakan sudah tercapai atau belum.

Jika target yang kamu rencanakan berhasil, berarti cara yang digunakan dapat kembali digunakan dan dapat memasang target yang lebih besar. Namun, jika belum maka perlu dianalisis kembali terkait penerapannya. Hal tersebut bisa diakibatkan karena target yang terlalu tinggi atau usaha yang kurang maksimal dan perlu cara lainnya untuk memenuhi target.

4. Ikuti Perkembangan Keuangan

Dunia finansial berjalan cukup cepat mengikuti perkembangan zaman. Kamu perlu untuk lebih terbuka dengan perkembangan tersebut dengan cara mencoba hal-hal baru supaya tidak tertinggal dan jangan pernah untuk takut salah.

Salah satu cara yang saat ini banyak digunakan adalah dengan memanfaatkan alat untuk memonitor manajemen finansial. Terdapat banyak layanan yang bisa digunakan secara online yang dapat terhubung ke rekening giro, tabungan, KPR, hingga kartu kredit untuk memantau pengeluaran keuangan kamu.

Namun, perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum memilih layanan untuk memonitor keuangan secara online. Kamu harus memastikan terlebih dahulu layanan tersebut sudah mendapat izin dan diawasi oleh OJK, cari tahu juga terkait review melek finansial yang ditawarkan.

5. Minta Saran Dari Penasihat Keuangan

Dengan menggunakan jasa penasehat keuangan, dapat menjawab segala pertanyaan mengenai masalah-masalah finansial kamu. Penasihat keuangan, dapat mengevaluasi situasi keuangan secara spesifik dan memberikan rekomendasi terkait cara mengkonsolidasikan juga mengelola keuangan untuk melunasi hutang kamu.

6. Lakukan Pengelolaan Rekening Giro Dan Tabungan

Selanjutnya, penting untuk kamu memiliki rekening giro dan tabungan. Dengan memiliki akun rekening giro dan tabungan akan memungkinkan kamu untuk dapat menyimpan uang dengan aman dan pembayaran tagihan menjadi lebih mudah. Namun, penting juga untuk kamu belajar mengelola akun supaya dapat terhindar dari biaya cerukan.

7. Memahami Kredit

Sebelum memilih untuk melakukan kredit, kamu perlu tahu dan paham secara efektif. Kamu perlu tahu tentang konsep-konsep penting salah satunya yakni terkait cara membayar hutang kartu kredit dengan bunga tinggi. Selain itu cari tahu juga mengenai skor yang masuk ke kredit kamu dan cara menaikan skor tersebut.

8. Memperluas Jaringan

Cara selanjutnya untuk meningkatkan literasi keuangan kamu adalah mencari lebih banyak teman sebagai jaringan langsung. Dengan memiliki jaringan seperti teman, CPA, atau anggota keluarga, dapat memberikan panduan atau wawasan untuk membantu kamu dalam meningkatkan literasi keuangan pribadi.

9. Melakukan Investasi Untuk Hari Tua

Berinvestasi sangat penting untuk dilakukan dalam melakukan pengelolaan finansial. Dengan melakukan investasi dapat menjadikan kamu lebih siap untuk menghadapi hari tua. Terdapat banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu.

Salah satu cara yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh sebagian banyak orang dalam melakukan investasi adalah dengan menyiapkan anggaran khusus dari total gaji yang didapatkan dan dikeluarkan setiap bulannya. Kamu bisa menganggarkan setidaknya sebanyak 15%-20% dari total gaji kamu untuk berinvestasi.

10. Pahami Konsep Hutang dan Pinjam

Belajar mengenai Hutang dan pinjam adalah bagian terpenting lainnya dari literasi keuangan. Kamu perlu tahu bahwa tidak semua hutang itu diciptakan sama. Sehingga penting untuk mengetahui terkait jenis-jenis hutang.

Dengan mengetahui jenis-jenis hutang tersebut menjadikan kamu bisa lebih memahami terkait strategi yang harus dilakukan bagi masing-masing hutang tersebut. Sehingga, kamu bisa untuk lebih fokus pada hutang mana yang harus dijadikan prioritas utama dan dibayar terlebih dahulu.