Mengenal Exchange Terbesar Binance

Mengenal Exchange Terbesar Binance

Lens Inc – Mengenal cryptocurrency berarti mengenal berbagai hal yang berkaitan dengannya, termasuk exchange tempat melakukan pertukaran koin. Kamu bisa menukarkan satu koin ke koin lainnya seperti dari Bitcoin ke Ethereum atau yang lainnya. Salah satu exchange yang dinilai bagus juga adalah Binance, mau tahu lebih lanjut tentang Binance?

Binance sendiri merupakan coin exchange untuk pertukaran, kamu bisa menggunakan kartu kredit atau uang fiat. Mungkin pernah terlintas di pikiran mu juga mengapa trader perlu binance? Kan sudah ada Indodax?

Indodax memungkinkan Kamu untuk bisa membeli koin dengan rupiah, ditambah lagi hanya memberi sedikit pilihan koin untuk trader bisa bertransaksi. Aset kripto lain mungkin belum terdaftar di Indodax, oleh karena itu Kamu memerlukan Binance karena lebih lengkap dan perlu mengenal exchange terbesar binance dahulu. 

Apa itu Binance Exchange?

Tak lengkap rasanya jika Kamu tidak mengetahui apa itu Binance? Bagaimana sejarahnya? Binance sudah didirikan sejak tahun 2017 di Cina oleh Changpeng Zhao dan Yi He. Keduanya sama-sama bekerja di exchange yang bernama OKCoin, setelah berdiskusi keduanya memutuskan untuk membangun exchange sendiri yang kemudian dinamai Binance. 

Sayangnya, Perusahaan Binance meninggalkan Cina pada September 2017 karena Pemerintah Cina tidak mengizinkan perdagangan mata uang digital atau kripto. Akhirnya kantor binance berada di Negara Jepang dan Taiwan. 

Binance juga memiliki cryptocurrency sendiri yang disebut Binance Coin. Di awal pendiriannya, Binance mampu mengumpulkan penawaran koin awal dengan dana senilai US$ 15juta di tahun 2017.

Dulu, CoinMarketCap pernah memasukkan Binance sebagai exchange atau pertukaran crypto terbesar kedua di Pasar Aset Kripto. 

Binance merupakan tempat pertukaran crypto to crypto yang berarti pengguna hanya bisa menggunakannya untuk bertransaksi mata uang kripto saja. Tahap trading binance tidak bisa sembarangan karena perlu mengikuti ketentuan yang berlaku di Binance sendiri. 

Kamu juga harus memiliki mata uang kripto, untuk itu bisa membelinya sebelum memulai trading dengan Binance. Setelah memiliki cryptocurrency, Kamu bisa memulai trading dengan lebih dari 200 koin dan token yang ada di Binance, komplit kan?

Cara Membuat Akun Binance

Sebelum memulai trading, Kamu perlu memiliki akun binance terlebih dahulu karena bagaimana bisa masuk ke aplikasi binance jika tidak memiliki akun. Caranya juga terbilang gampang, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. 

1. Daftar

Yang pertama, kamu harus melakukan pendaftaran dengan masuk ke situs binance kemudian klik Register. 

Selanjutnya akan diarahkan ke halaman registrasi dimana Kamu harus memasukkan email aktif yang digunakan dan membuat kata sandi (password). Pastikan alamat email Kamu aman, periksa secara teratur dan membuat kata sandi dengan kombinasi huruf yang sulit ditebak orang lain. 

Klik Register setelah membaca dan menyetujui persyaratan penggunaan Binance. 

2. Verifikasi Keamanan

Biasanya Kamu harus menebak teka-teki atau puzzle untuk membuktikan bahwa Kamu bukan robot. Jawab dengan benar karena biasanya teka-teki tersebut sangat mudah, jika tidak mampu menjawab berarti robot. 

Cek email Kamu, Binance akan mengirimkan pesan verifikasi. Klik Verify Email untuk menyelesaikan pendaftaran akun Binance yang ada. 

Congratulations!! Kini Kamu telah menjadi pengguna Binance, selanjutnya bisa login dengan menggunakan akun yang tadi dibuat. 

3. Amankan Akun

Ketika masuk pertama kali ke Binance, biasanya Kamu akan ditanya apakah ingin menyiapkan 2FA? Jangan meng-klik “Lewati Untuk Sekarang” karena bisa jadi menyesal nantinya!

2FA merupakan otentikasi dua faktor sebagai fitur keamanan yang memberi pengguna bentuk kata sandi ekstra, tidak mudah diterobos oleh orang jahat. Pengguna yang memilih 2FA akan mendapatkan kode kedua yang dikirimkan ke perangkat seluler melalui SMS atau dibuat oleh aplikasi Google Authenticator. 

Barulah setelah menyelesaikan tahapan 2FA, Kamu bisa mendanai akun Binance untuk memindahkan cryptocurrency ke dalamnya. Kamu bisa transfer binance ke bank atau sebaliknya untuk melakukan pertukaran terlebih dahulu, dari mata uang fiat ke mata uang kripto. 

Bagaimana cara melakukan deposit Binance?

Cara Melakukan Deposit Binance

Untuk melakukan deposit pada exchange binance sebenarnya hampir sama dengan exchange lain. Kali ini Penulis akan mencontohkannya dengan menggunakan Ethereum (ETH) sebagai salah satu aset kripto. 

  • Cari Coinbase, masuk ke akun Coinbase dan klik accounts, kemudian klik Send yang terdapat tulisan ETH Wallet. Masukkan juga penerima, pada tahap inilah Ethereum akan dikirim. Kamu mengirimkannya ke Binance, pastikan alamat Ethereum akun Binance Kamu sudah benar.
  • Masuk ke akun Binance, pada kolom tugas, klik funds lalu Deposits. Masukkan mata uang kripto yang Kamu butuhkan alamatnya tadi, Binance akan membuat alamat Ethereum yang nantinya dikirimi deposit. 
  • Salin dan tempel alamat deposit ETH ke dalam kotak Penerima pada akun Coinbase. 
  • Pastikan juga berapa banyak Ethereum yang akan dikirimkan ke akun Binance, klik Send, dana akan muncul setelah diproses oleh jaringan Ethereum. 

Cara menggunakan binance exchange terbilang mudah dan user friendly, termasuk untuk para pemula. Tak hanya itu, keunggulan lain dari Binance adalah dilengkapi dengan aplikasi pendukung untuk analisa sehingga banyak memberikan kemudahan kepada penggunanya. 

Peran Binance Dalam Ekosistem Aset Kripto

Untuk meningkatkan peran Binance sebagai exchange terpercaya, pihak perusahaan melakukan kerjasama. Tokocrypto kerja sama binance untuk memberikan edukasi yang benar kepada para pengguna terutama dalam mendorong penerapan teknologi blockchain yang lebih besar. 

Kerjasama keduanya bertujuan untuk menerapkan CeDeFi berupa token kripto hybrid yang menggabungkan metode keuangan terpusat (CeFi) dan keuangan terdesentralisasi (DeFi). DeFi dan CeFi sama-sama menawarkan produk keuangan yang mudah digunakan dan lebih umum untuk mengakomodasi populasi yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia. 

Bukti keseriusan Tokocrypto dan Binance adalah ketika keduanya menjadi co-host Indonesian Blockchain Week 2020 dan BSC Indonesia Summit 20 Maret 2021 lalu. 

Tokocrypto sendiri mengakui bahwa Binance merupakan pendukung kuat bagi Tokocrypto. Bahkan berharap bisa mendorong adopsi kripto melalui token TKO ke lebih banyak tempat atau daerah di Indonesia. 

Inisiatif lain dari adanya kerjasama ini berupa proyek dana pengembang yang bertujuan dalam memberdayakan proyek-proyek yang akan muncul dan mendorong kolaborasi. Tentu saja kolaborasi antara CeFi dan DeFi agar lebih dikenal oleh para pengguna mata uang kripto. 

Proyek tersebut menyediakan pendanaan, ada banyak program dan inisiatif yang maju dalam memberikan manfaat ekonomi jangka panjang yang berkelanjutan. Tidak hanya ditujukan untuk masyarakat Indonesia, melainkan untuk menciptakan ekosistem mata uang kripto yang lebih baik dan berkembang. 

Disclaimer!

Untuk menciptakan keamanan pada akun Binance yang Kamu miliki, maka perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • 2FA atau Two Factor Authentication sangat penting sebagai fitur keamanan yang melindungi akun Kamu. 
  • Abaikan permintaan dari orang yang mengaku berasal dari Binance, biasanya orang tak bertanggungjawab sedang hack akun Binance milikmu. 
  • Gunakan situs resmi Binance, periksa dan pastikan bahwa situs Binance yang kamu kunjungi sudah benar.
  • Gunakan perangkat lunak anti-virus, sangat disarankan yang memiliki kekuatan tinggi agar tidak mudah terserang virus.

Binance sebagai salah satu exchange terbesar memiliki resiko yang sama untuk terjadinya tindak peretasan atau hal-hal yang berkaitan dengan keamanan. Untuk itu Kamu perlu memastikan keamanan akun Binance sudah benar-benar terlindungi dengan baik.