10 Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

10 Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Lens Inc – Kamu masih pelajar atau mahasiswa, namun ingin punya uang jajan sendiri? Hal itu tentunya bukan hal yang mustahil. Untuk menambah uang jajanmu, kamu bisa mulai membuka usaha atau bisnis. Lalu, ide bisnis seperti apa yang kiranya cocok untuk pelajar dan mahasiswa dengan modal yang kecil?

Beruntunglah jika sebagai pelajar atau mahasiswa kamu sudah berpikir kritis bagaimana menambah uang jajan dan berpenghasilan sendiri tanpa merepotkan orang tua. Itu artinya, kamu mempunyai keinginan untuk berdikari dan maju. Untuk itu, kamu bisa memulai bisnis sejak usia muda, seperti yang akan diuraikan disini.

Inilah Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Ada banyak sekali ide bisnis modal kecil untuk para pelajar dan mahasiswa. Apalagi di era sekarang, hampir segala sesuatu berpotensi menjadi cuan asal dimodali dengan niat, kerja keras, dan kreativitas. Beberapa contoh bisnis yang bisa kamu tekuni untuk mendapatkan uang tambahan adalah sebagai berikut:

1. Membuka Online Shop

Ide bisnis untuk pelajar dan mahasiswa yang cukup mudah dan tidak mengganggu waktu belajar adalah dengan berjualan online. Bisnis yang satu ini dapat dimulai dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun, yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Bisnis ini dapat dikelola secara fleksibel dan hanya membutuhkan internet dan HP saja. Kamu bisa berjualan produk-produk yang sedang kekinian sehingga memiliki kemungkinan untuk laku di pasaran. Sebelum mulai, ada baiknya mempelajari dulu mengenai ilmu berjualan agar bisa menjadi pengusaha online yang sukses.

2. Membuka Jasa Pengetikan

Bisnis jasa pengetikan merupakan ide bisnis dengan peluang cuan yang lumayan untuk para pelajar dan mahasiswa. Kamu hanya butuh laptop, komputer, dan skill mengetik serta editing. Kamu bisa mendapat klien dari teman, saudara, bahkan orang lain seperti karyawan dan pekerja kantoran,

Jasa pengetikan biasanya akan sangat dibutuhkan saat masa penyelesaian skripsi dan tugas akhir. Oleh karena itu, bisnis yang satu ini berpotensi menghasilkan cuan tambahan dan juga bisa membantumu mengasah skill mengetik dan editing naskah.

3. Menjadi Penulis Lepas

Jika kamu adalah orang yang menyukai dunia kepenulisan, maka tidak ada salahnya untuk menjadi seorang penulis lepas dan menawarkan jasamu kepada para pemilik website untuk mengisi konten website nya. Ide bisnis ini juga tidak memerlukan modal besar, hanya laptop dan internet saja.

Di era sekarang, bisnis jasa penulisan seperti ini juga sangat besar peluangnya. Untuk menjangkau klien, kamu bisa mempromosikan jasamu melalui media sosial. Agar bisa menulis dengan baik, carilah referensi tulisan dari website lain dan upayakan untuk selalu meningkatkan skill.

4. Berjualan Kerajinan Tangan

Ada banyak cara menemukan ide bisnis di zaman sekarang, semua itu tergantung dari kreativitas, niat, dan kerja keras. Bagi kamu yang hobi berkreasi, seperti membuat gelang, merajut, dan sebagainnya, maka berjualan kerajinan tangan yang unik dan lucu bisa menjadi bisnis yang wajib dicoba.

Bisnis tersebut bisa berpotensi menghasilkan cuan besar, karena zaman sekarang banyak orang yang menyukai barang-barang unik dan lucu. Bahkan, barang kerajinan tangan ini bisa memiliki harga jual yang tinggi. Selain itu, ide usaha kreatif kekinian ini bisa membantumu menyalurkan dan mengembangkan hobi.

Baca Juga : Bukti Kamu Termasuk Generasi Melek Finansial!

5. Menjadi Selebgram

Bagi kamu yang memiliki jumlah followers banyak di sosial media, maka kamu bisa menjadi seorang selebgram. Untuk bisa mendapat uang jajan tambahan dengan menjadi selebgram, cobalah untuk membuat konten-konten menarik yang mampu menarik followers dan memancing brand untuk menggunakan jasa promosimu.

Ide bisnis semacam ini sangat berpotensi memperoleh cuan besar di zaman sekarang. Banyak brand yang menggunakan selebgram untuk promosi produk miliknya. Bahkan, jika kamu telah menjadi selebgram terkenal dan memiliki followers dan engagement besar, cuan yang kamu dapatkan akan semakin banyak.

6. Menjadi Tentor Les Privat

Saat ini, banyak orang tua yang gemar menggunakan jasa tentor les privat untuk anaknya. Sebab, banyak orang tua sibuk yang tidak sempat membimbing anaknya dalam belajar. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi seorang tentor les privat dengan memanfaatkan skill dan ilmu yang kamu miliki.

Ide bisnis yang satu ini sangat cocok bagi mahasiswa, selain mengembangkan skill juga bisa mendapat uang tambahan. Agar lebih mudah, kamu bisa menjadi tentor privat SD atau SMP karena pelajaran nya yang tidak terlalu sulit. Selain itu, kamu bisa ikut bergabung ke lembaga bimbel agar semakin mudah mendapat klien.

7. Berjualan Camilan

Bisnis makanan memang tidak mudah untuk tenggelam, pasalnya makanan merupakan kebutuhan manusia. Salah satu ide bisnis makanan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa adalah berjualan camilan atau makanan ringan. Bisnis camilan memiliki pasar yang luas, karena bisa menyasar berbagai kalangan.

Bisnis berjualan camilan juga cocok sebagai ide bisnis untuk pemula karena tidak memerlukan modal yang besar. Kamu bisa berjualan camilan dengan harga murah, namun rasanya enak di sekolah, kampus, dan secara online. Jika sudah menekuni bisnis jualan camilan, kamu juga bisa memproduksi camilan sendiri untuk dijual.

8. Membuka Jasa Desain Grafis

Bagi kamu yang memiliki minat di bidang desain grafis, maka bisa membuka jasa desain grafis. Di era sekarang, jasa desain grafis sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan yang mencari desainer grafis untuk mendesain logo, membuat konten, dan sebagainya.

Yang kamu butuhkan dalam usaha jasa ini adalah skill, kreativitas, dan peralatan desain seperti komputer atau laptop. Ide bisnis modal kecil ini sangat berpotensi mendatangkan cuan berlimpah. Kumpulkan portofolio hasil desainmu, dan promosikan jasamu menggunakan media sosial agar mudah menjangkau klien.

9. Menjadi Penerjemah

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang bahasa, cobalah untuk menjadi seorang penerjemah bahasa. Saat ini, jasa penerjemah sangat dibutuhkan, terutama oleh perusahaan yang memiliki cabang di luar negeri untuk menerjemahkan dokumen milik perusahaan.

Tidak hanya itu, klien mu juga bisa berasal dari kalangan mahasiswa yang sedang membutuhkan bantuan untuk menerjemahkan dokumen dan abstrak tugas akhir. Tentunya, kamu tidak memerlukan modal besar, cukup internet, laptop, dan waktu untuk bekerja. Kamu bisa mendapatkan cuan besar dengan menekuni bisnis ini.

10. Menjual Pulsa Dan Paket Internet

Berjualan pulsa dan paket internet merupakan ide bisnis yang akan terus berjalan hingga sekarang. Apalagi di era ini, dimana segala kegiatan selalu berhubungan langsung dengan internet. Bahkan jika sewaktu-waktu kehabisan paket internet pasti akan kerepotan.

Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis berjualan pulsa dan paket internet. Hal utama yang kamu butuhkan adalah koneksi yang luas, yaitu mengenal para produsen paket data dan juga kenalan yang bisa menjadi pelangganmu, seperti teman sekolah atau teman kampus.