8 Passive Income Terbaik Cocok Untuk Mahasiswa

8 Passive Income Terbaik Cocok Untuk Mahasiswa

8 Passive Income Terbaik Cocok Untuk Mahasiswa

Lens Inc – Setiap orang tentunya menginginkan penghasilan tambahan tanpa harus bekerja. Salah satunya adalah dengan memiliki passive income terbaik. Namun sebelum itu, tahukah Kalian apa itu passive income? Mungkin kalian pernah mendengar istilah ini, apalagi di era serba digital seperti sekarang ini. 

Passive income adalah pendapatan tambahan yang bisa kalian dapatkan meskipun tidak melakukan pekerjaan. Secara singkat, passive income ini adalah penghasilan yang terus menerus masuk meskipun Kalian tidak melakukan pekerjaan secara rutin. 

Passive Income Terbaik untuk Mahasiswa

Berikut ini akan kami rekomendasikan beberapa contoh sumber passive income mahasiswa. Bagi kalian seorang mahasiswa dan sedang mencari penghasilan tambahan, kalian bisa coba beberapa cara berikut ini.

1. Membangun Blog 

Membangun sebuah blog merupakan salah satu cara mendapatkan passive income indonesia yang paling populer dan banyak dicoba. Kalian hanya membutuhkan beberapa menit untuk membangun sebuah blog, selain itu modal yang dibutuhkan juga cukup murah. Kalian hanya perlu membeli hosting dan domain saja. 

Namun, untuk mengembangkan blog tersebut supaya bisa memberikan passive income tidaklah mudah. Dibutuhkan konsistensi dan ketekunan untuk mengisi blog tersebut dengan konten-konten bermanfaat yang mudah dibaca dan membuat orang-orang dengan rela membagikan konten di blog Kalian. 

Supaya Kalian tidak terlalu terbebani, cobalah buat konten yang sesuai dengan minat serta hobi Kalian. Contohnya jika Kalian seorang programmer, Kalian bisa mencoba membuat blog yang membahas berbagai tips programming dan tutorial programming. 

Selain itu, pastikan juga topik yang Kalian tulis itu populer dan banyak orang yang mencarinya. Jangan lupa juga untuk menyebarkan konten tersebut ke media sosial sehingga bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Sudah banyak orang yang berhasil dan mendapat banyak passive income dari blog.

2. Afiliasi Marketing

Contoh passive income yang selanjutnya adalah Afiliasi atau Affiliate Marketing. Nah, Kalian bisa menggabungkan affiliate marketing ini dengan blog yang sudah Kalian buat. Setelah blog Kalian sudah memiliki banyak pengunjung, Kalian bisa memasang produk afiliasi Kalian di blog, jika ada orang yang membeli lewat link affiliate Kalian, maka Kalian akan mendapatkan komisi.

Jadi disini Kalian mengiklankan atau memasarkan produk maupun jasa orang lain lewat situs kalian. Namun Kalian harus memastikan produk atau layanan yang kalian tawarkan itu relevan atau sesuai dengan isi blog Kalian. 

Contohnya jika blog Kalian membahas programming, Kalian bisa menjadi afiliasi untuk layanan e-course belajar programming maupun produk digital lainnnya. Setiap orang yang mengikuti online course lewat link affiliate Kalian, kalian akan mendapatkan komisi yang cukup banyak tergantung dari pemilik course tersebut.

Selain itu, Kalian juga bisa mendapatkan penghasilan lewat sponsor. Berbeda dengan memasang iklan di situs Kalian, sponsor ini bisa berupa konten yang disponsori satu kali maupun logo permanen yang disematkan di bagian bawah blog atau footer. 

3. Membuat Video di Youtube

Cara mudah mendapat passive income yang selanjutnya adalah dengan membuat video di Youtube. Kalian bisa membuat video konten yang Kalian sukai, contohnya video tentang makeup, vlog sehari-hari maupun traveling, review film, dan berbagai kelebihan yang Kalian miliki. 

Supaya tidak jenuh dalam membuat konten video di Youtube, sebaiknya buat video sesuai dengan minat atau hobi kalian. Kalian harus membuat video yang menarik secara konsisten supaya bisa mendapatkan banyak viewers. 

Untuk sumber penghasilan, Kalian bisa mendapatkannya dari Google Adsense maupun sponsor. Selain itu, Kalian juga bisa gunakan media sosial untuk mempromosikan video Kalian supaya menjangkau lebih banyak orang. Memang awal-awal dibutuhkan kerja keras dan konsistensi yang luar biasa, namun setelah berhasil Kalian bisa mendapatkan passive income.

4. Menjadi Kontributor Fotografi

Menjadi kontributor fotografi merupakan salah satu passive income indonesia yang cukup banyak peminatnya. Kalian banyak website fotografi seperti iStockphoto, Shutterstock, dan lain sebagainya yang bisa Kalian gunakan untuk menjual foto kalian. 

Setiap foto atau video yang Kalian jual di website tersebut memiliki harga yang berbeda-beda. Satu foto bisa memberikan Kalian banyak penghasilan yang tidak terbatas karena satu foto bisa kalian jual berulang kali tanpa batas. 

Ketika Kalian ingin memulai bisnis ini, buatlah portofolio sebanyak mungkin dengan beragam foto berbagai tema yang menarik. Setelah itu, letakan foto-foto yang sudah Kalian kumpulkan di platform foto seperti yang sudah kami jelaskan di atas. 

5. Membuat dan Menjual Ebook

Membuat dan menjual ebook merupakan salah satu sumber passive income sederhana yang bisa coba Kalian lakukan. Passive income ini sangat cocok untuk Kalian yang suka menulis buku dan memiliki banyak ide menarik untuk dibagikan.

Atau, jika Kalian memiliki keahlian tertentu pada suatu bidang. Kalian bisa menuliskannya kemudian membuatnya menjadi ebook dan menjualnya. Setelah ebook tersebut berhasil dibuat, Kalian bisa menjualnya secara online lewat berbagai marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Google Books, dan lain sebagainya. 

Selain itu Kalian juga bisa membuat halaman website pribadi Kalian untuk menjual buku-buku yang sudah Kalian buat. 

6. Melakukan Investasi

Sekarang ini, Kalian bisa menjadikan investasi sebagai sumber passive income yang sangat menguntungkan. Ada banyak jenis investasi yang bisa Kalian pilih dalam jangka waktu tertentu. Contohnya investasi saham yang bisa memberikan keuntungan tinggi. 

Cara mudah mendapatkan passive income lewat investasi bisa Kalian lakukan menggunakan aplikasi trading. Sudah banyak aplikasi investasi cocok untuk pemula yang bisa Kalian gunakan, contohnya adalah aplikasi Bibit, Ajaib, Stockbit, dan masih banyak lagi. Di aplikasi tersebut sudah ada panduan bagaimana cara memulai investasi yang tepat sesuai dengan profil keuangan Kalian.

Jika Kalian masih ragu, Kalian bisa coba-coba dulu investasi dengan modal yang sedikit. Di Bibit sendiri Kalian sudah bisa mulai berinvestasi hanya dengan Rp10.000 saja, jadi Kalian tidak perlu takut dan khawatir rugi besar.

7. Menjual Online Course

Sumber passive income yang selanjutnya ini cocok sekali untuk Kalian yang memiliki keterampilan atau pengetahuan tertentu. Dengan bermodalkan keterampilan dan pengetahuan yang Kalian punya, Kalian bisa membuat kelas online yang menguntungkan. 

Meskipun di awal cukup sulit untuk membuat video tutorial ataupun online kelas yang menarik. Namun setelah Kalian selesai merancang semua kelas online dan memasarkannya, Kalian sudah bisa menikmati hasil passive income tersebut tanpa perlu bekerja. 

8. Menjual Karya atau Aset

Jika Kalian merupakan seorang aktor, musisi, maupun penulis yang berbakat. Kalian bisa mendapatkan royalti dari pekerjaan yang Kalian lakukan. Jadi disini orang akan membayar Kalian ketika mereka menggunakan karya atau aset kreatif buatan Kalian.

Contohnya, jika Kalian seorang musisi atau penyanyi. Kalian akan mendapatkan royalti setiap kali lagu yang Kalian nyanyikan tersebut diputar. Dengan begini Kalian bisa mendapatkan passive income sederhana tanpa perlu bekerja keras. 

Namun meskipun sudah memiliki passive income, Kalian tetap harus berkarya supaya bisa mendapat lebih banyak penghasilan tambahan. Karena bisa saja karya tersebut hanya laku sementara saja, untuk tetap mendapatkan passive income, Kalian harus meningkatkan karya Kalian menjadi lebih baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version