10 Passive Income Terbaik yang Bakal Terus Mengalir

10 Passive Income Terbaik yang Bakal Terus Mengalir

Lens Inc – Secara umum bekerja mungkin sudah jadi rutinitas manusia untuk mendapatkan penghasilan. Akan tetapi, pernahkah kamu berpikir jika manusia bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja sama sekali? Itu bisa saja terjadi jika kamu mengetahui cara mendapatkan passive income.

Bagi mereka yang belum mengetahui, passive income adalah penghasilan pasif atau penghasilan yang bisa didapatkan tanpa harus bekerja secara aktif. Artinya kamu bisa mendapatkan uang meski hanya bekerja sedikit atau tidak sama sekali.

Hal ini tentu sangat menarik bukan? Siapa pun pasti ingin memilikinya termasuk kamu. Karena, kapan lagi kita bisa menghasilkan uang tanpa harus kepayahan bekerja setiap harinya. 

Kabar baiknya adalah hal itu bisa dilakukan oleh siapa pun termasuk kamu. Jika kamu tertarik dengan penghasilan pasif, maka jangan lewatkan pembahasan artikel ini. Karena, sebentar lagi kamu akan mengetahui 10 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income terbaik.

Cara Mendapatkan Passive Income Terbaik

Melihat dari pengalaman orang-orang sebelumnya, penghasilan pasif yang paling sering terdengar mungkin bersumber dari investasi. Itu memang ada benarnya karena dengan investasi kita bisa mendapatkan keuntungan meski tidak bekerja.

Akan tetapi, bukan berarti investasi itu adalah jalan satu-satunya untuk mendapatkan penghasilan pasif. Ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba untuk mendapatkan passive income Indonesia. Penasaran apa saja caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Membuat Video YouTube

Membuat video YouTube mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Karena, sudah ada banyak contoh orang yang berhasil mendapatkan penghasilan dari YouTube. Bahkan beberapa dari mereka yang sudah sukses mampu mendapatkan penghasilan hingga miliaran rupiah.

Tentu saja membuat video YouTube juga masuk dalam salah satu jenis passive income. Alasannya cukup sederhana, yaitu karena adanya AdSense. 

Ketika kamu berhasil membuat video yang menarik dan memiliki banyak penonton, maka penghasilanmu akan terus mengalir. 

2. Membangun Blog

Membangun sebuah blog sebenarnya memiliki konsep yang serupa dengan menjadi seorang youtuber. Hanya saja YouTube menggunakan konten berupa video, sedangkan blog menggunakan konten berupa tulisan.

Dalam sebuah blog, nantinya kamu juga akan berhubungan dengan AdSense. Sehingga kamu akan terus mendapatkan passive income jika banyak pembaca yang berkunjung ke blogmu.

Dengan ini sudah tidak diragukan lagi bukan, bahwa menulis blog bisa menjadi sumber penghasilan pasif yang cukup menguntungkan.

3. Membuka Layanan Sewa

Layanan sewa tentu bukan hal yang asing lagi di telinga. Ada banyak layanan sewa yang bisa kamu temukan di sekitar lingkunganmu. Contohnya adalah sewa rumah, sewa kos-kosan, sewa mobil, dan lain sebagainya.

Beberapa orang termasuk kamu mungkin selama ini tidak sadar bahwa hal seperti itu juga termasuk dalam passive income

Tetapi coba kamu bayangkan, kamu hanya perlu menyewakan barang atau properti yang kamu miliki. Kemudian kamu akan mendapatkan uang dari mereka yang membutuhkan jasa tersebut. Cukup menarik bukan?

4. Investasi

Sebelumnya telah sempat disinggung bahwa investasi juga merupakan bentuk passive income. Ini berlaku bagi semua jenis investasi karena umumnya pendapatan yang datang dari sini bisa dihasilkan tanpa bekerja.

Cara kerja dari investasi adalah menyimpan aset yang akan memiliki nilai lebih di masa mendatang. Misalnya ketika kamu menyimpan aset tersebut di masa ini dan menjualnya saat harga melambung tinggi, maka kamu tentu akan mendapatkan keuntungan. Hal seperti ini tentu bisa dilakukan tanpa harus aktif bekerja.

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu coba, mulai dari reksadana, emas, saham, properti, hingga peer to peer lending.

5. Menjual Produk Digital

Menjual produk digital juga merupakan cara lain yang bisa kamu coba untuk mendapatkan passive income. Contoh dari produk digital kurang lebih seperti ebook, audio, ataupun video yang saat ini banyak dijual di internet.

Meskipun membuatnya mungkin membutuhkan banyak usaha. Akan tetapi, apabila berhasil terjual dalam jumlah banyak, maka kamu pastinya akan cukup puas. Sebab sambil tidur pun pendapatan pasif kamu akan terus mengalir.

6. Menjual Stock Photo

Apakah kamu hobi dengan dunia fotografi? Jika iya kenapa kamu tidak mencoba menjual foto di internet saja sebagai sumber passive income

Ini adalah hal yang serupa dengan beberapa foto yang kamu jumpai di situs seperti Shutterstock, iStock atau 500px. Foto-foto yang ada di sana bisa dibeli. Oleh karena itu, kamu tentu juga bisa menjual foto di tempat tersebut.

Ketika hasil fotomu bagus dan berhasil terjual di sana, maka kamu hanya tinggal memanen hasilnya saja.

7. Membuat Kursus Online

Beberapa orang termasuk kamu mungkin memiliki keterampilan tersendiri yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Keterampilan tersebut sebenarnya bisa kamu manfaatkan dalam mendapatkan passive income, yaitu dengan membuka kursus online.

Dari kursus online ini, nantinya kamu bisa menentukan sendiri berapa biaya yang perlu mereka bayar saat mengikuti kursusmu.

Bukan tidak mungkin juga apabila kamu menyertakan audio dan video berbayar yang nantinya akan dibeli oleh mereka. Tentu hal ini juga merupakan penghasilan pasif yang cukup menguntungkan.

8. Membuat Aplikasi 

Membuat aplikasi ternyata juga bisa dijadikan sebagai penghasilan pasif. Ini tentu akan sangat cocok untuk kamu yang saat ini sedang menggeluti bidang coding dan programming.

Untuk mendapatkan passive income dari aplikasi sebenarnya cara kerjanya cukup sederhana. Kamu mungkin hanya perlu membuat aplikasi sederhana yang bisa memudahkan pekerjaan banyak orang.

Ketika aplikasi buatanmu telah diunduh oleh banyak orang, maka kamu bisa menghasilkan uang sambil tidur. Karena uang akan terus mengalir setiap kali ada yang melihat atau mengeklik iklan yang ada dalam aplikasi tersebut.

9. Membuat dan Menerbitkan Buku

Selain membuat blog, membuat dan menerbitkan buku sendiri juga bisa dijadikan sebagai sumber passive income yang menguntungkan. 

Meskipun berbasis konten tulisan, tetapi cara mendapatkan uang dari buku dan blog berbeda. Apabila blog dapat menghasilkan uang dari iklan, maka buku mendapatkan uang dari nilai penjualannya secara langsung.

Dalam proses awalnya, mungkin kamu membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menulis sebuah buku. Akan tetapi, apabila telah selesai dan berhasil terjual dalam jumlah besar, maka kamu hanya perlu tiduran sambil menunggu uang masuk ke dalam kantong.

10. Memulai Bisnis Dropsi

Ide pasif income yang cukup menarik berikutnya adalah dropsi. Sebenarnya ini hampir sama dengan kita berbisnis dan menjual produk. Tetapi, kamu tidak melakukannya secara langsung, melainkan hanya mengambil keuntungan dari promosinya saja.

Singkatnya adalah kamu menjualkan produk milik orang lain. Sehingga, kamu tidak perlu bersusah payah dalam mengurus stok barang, paking, dan melakukan pengiriman. Peranan kita hanyalah seperti menjual kembali barang yang kita beli dari orang lain.

Langkah-langkahnya tidaklah sulit, kita hanya perlu mencari supplier produk yang tepat, membuat promosi, dan menjualnya. Kemudian, pundi-pundi uang akan mengalir sendirinya ke dalam kantong.